Selasa, 29 Desember 2009

Interaksi Dalam Kehidupan

Proses belajar adalah salah satu sosialisasi. Dalam proses sosialisasi itu individu mempelajari kebiasaan sikap, ide-ide, pola-pola nilai dan tingkah laku dalam masyarakat tempat hidup. Semua sifat dan kecakapan yang dipelajari dalam proses sosialisasi itu disusun dan dikembangkan sebagai suatu kesatuan sistem dalam diri pribadinya.

Semua manusia membutuhkan bagaimana caranya bersosialisasi. Tidak manusia yang bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Siapa yang bisa hidup sendiri? Manusia membutuhkan bantuan satu sama lain. Tidak ada yang bisa dengan kesendirian dalam dunia ini. Setiap orang membutuhkan saran dan masukan untuk menyelesaikan sebuah masalah. Masukan dan saran dari orang lain tentunya bisa membantu dalam masalah yang ada.

Dimana-dimana sosialisasi sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Kelompok masyarakat yang berperan penting dalam sosialisasi adalah keluarga, teman seperjuangan, sekolah, lingkungan kerja dan media massa. Media massa merupakan salah satu peranan dalam bersosialisasi. Dimana media tempat penyampaian untuk berkonikasi melalui tv, radio, koran atau alat media lainnya. Media inilah dimana suatu komunkasi berhubungan ke dalam masyarakat yang berada diluar sana. Interaksi ini sangat penting bagi kehidupan dimasyarakat. Setiap individu dapat menginternalisasi pada [ola perilaku dan pola interaksi beserta norma yang mendasari masyarakat. Hal inilah yang mampu menyaksikan kegiatan yang dilakukan dan diperbuat oleh orang-orang sekitarnya dalam berinteraksi. Berinteraksi lah dengan baik. Karena dalam bersosialisasi interaksi ini sangat dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar