Minggu, 20 Desember 2009

Struktur Organisasi Garis

Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi. Dalam struktur organisasi yang baik harus menjelaskan hubungan wewenang siapa melapor kepada siapa.

Dalam setiap organisasi pasti mempunyai struktur organisasi,salah satunya adalah struktur organisasi garis.
Struktur organisasi garis menunjukkan suatu rangkaian dari wewenang atau perintah dari manajemen ke bawah melalui bermacam-macam bagian sampai pada tingkat wewenang atau tanggung jawab terendah.
Struktur organisasi garis ini sederhana dan mudah dimengerti oleh bawahan,wewenang dan tanggung jawab jabatan sangat jelas sekali.
Akan tetapi struktur organisasi garis ini mempunyai keburukan yaitu beban atasan sangat berat karena menanggung semua kewajiban, membatasi inisiatif bawahan karena bawahan hanya bergerak bila ada instruksi,memerlukan pengawasan dengan kemampuan yang bermacam-macam menngingat adanya beberapa bagian yang harus di awasi, dan pengawasan terhadap kondisi-kondisi kerja di atur masing-masing bagian, karena mereka ini bersikap otonom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar