Selasa, 29 Desember 2009

Kehidupan Masyarakat

Dalam era globalisasi sekarang ini, sosialisasi berlangsung terus-menerus tanpa henti pada tiap-tiap kelompok yang ada dalam pergaulan hidup.
Dalam hal inilah kita bisa mengenali dengan nilai dan norma yang adadalam masyarakat.Dengan adanya nilai dan normasecara dini, diharapkan setiap individunya dapat berinteraksi dengan sebaik-baiknya. Maka dengan itu terciptalah hubungan yang harmonis antara individu dengan masyarakat sekitar yang lainnya.
Masyarakat dalam pengertiannya merupakan kesatuan hidup manusia yang saling berinteraksi satu sama lain menurut suatu adat tertentu yang bersifat terikat oleh suatu rasa identitas bersama. Dalam hal demikianya masyarakat mempunyai ciri dan khas pribadi tertentu yang dimiliki diri sendiri.
Adapun aturan-aturan dan undang-undang yang mengatur setiap manusia menuju kepada kepentingan dan tujuan hidup mereka. Masyarakat menempati tinggal dalam waktu yang lama dan menempati suatu daerah tertentu yang bisa disebut sebagai habitat. Satu sama lain masyarakat mempunyai adanya interaksi yang saling berketergantungan. Adanya pola dan ikatan pada tingkah laku yang ada dalam setiap kehidupan masyarakat yang dimiliki.
Masyarakat bukanlah hanya sekedar dari manusia sekumpulan dari bagian manusia belaka. Tetapi setiap anggota masyarakat mempuunyai hubungan atau ikatan pertalian satu sama lainnya, serta paling tidak sebagai anggota masyarakat saling mempunyai kesadaraan terhadap keberadaan angota masyarakat lainnya. kesadaraan inilah yang bisa membuat adanya perubahan dalam suatu organisasi yang ada.
K esadaran yang baik akan membawa dampak dan hasil yang baik juga. Jadilah salah satu masyarakat yang memounyai kepribadian yang baik. sehingga hasil dan manfaat dapat dirasakan bagi kehidupan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar