Selasa, 29 Desember 2009

Nilai Dan Norma Dalam Kehidupan

Suatu kehidupan sosial selalu berkaitan dengan adnya nilai dan norma. Lalu apa yang dimaksud dengan nilai? Nilai adalah merupakan sesuatu yang baik, dicita-citakan, diinginkan dan di anggap pnting oleh masyarakat.Sedangkan norma, apa yang kalian ketahui tentang norma? Norma meripakan peraturan-peraturan yang disertai sanksi-sanksi yang merupakan faktur pendorong bagi individu maupun kelompok masyarakat lainnya.

Norma dalam halnya mengandung sanksi-sanksi yang relatif tegas bagi yang pelanggarnya.
Maka dengan ini kelompok masyarakat yang mana yang herus dilakukan dan mana yang harus dihindari. Dengan inilah suatu nilai dan norma membuat kehidupan menjadi lebih disiplin dalam hal apa yang dilakukan.

Peraturan yang baik tentu mempunyai sanksi-sanksi yang tegas. Peraturan memang harus ditaati dan bukan dilanggar. Lalu apa diantara kita masih ada yang melanggar sebuah peraturan? Ya tentu saja. Lihatlah disekitar kita dari hal kecil seperti membuang sampah. Dan sudah kah anda membuang sampah pada hari ini?

Basakanlah melakukan hal yang kecil dari sekarang. Semua memang butuh proses, tapi tunjukan lah bagaimana cara kita melakukan dan memulai hal kecil tersebut. Kebiasaan seperti inilah yang dapat membuat kehidupan tampak terlihat lebih baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar